Selasa, 26 Oktober 2010

Beautiful Phuket





Sekitar 2 minggu lalu, kami pergi ke Phuket. Mumpung ada penerbangan murah dari Airasia .... direct flight lagi.
Tujuan ke Phuket sebenarnya adalah diving di Similan Island yang merupakan "world class diving spot" di Thailand. Namun sayangnya kami tidak mengecek diving time yang tepat sebelum beli tiket pesawat. Yang ada malah Similan masih di 'close' untuk diving. Baru dibuka bulan November-April. Weather tidak memungkinkan untuk diving di luar waktu tersebut, so dengan agak kecewa akhirnya kami memilih tempat diving lainnya ..... masih di Andaman Sea.
Jadi kami diving di tempat yang namanya Ratcha Yai/ Ratcha Noi.
Kali ini kami memilih Thailand Diver..... Service Thailand diver ok punya, mereka punya diving boat yang cukup besar.... dengan 2 WC. bawa kompressor sendiri, cukup nyaman. Kapalnya terdiri dari 2 deck, di bawah ada 1 ruangan tertutup, di dalamnya ada video & TV .... jadi kalo mau ambil diving course bisa dilakukan disitu. Trus di depannya ada tempat untuk alat2 divingnya. Divers ngumpul di deck atas. Ada meja panjang dan kursi panjang, ada makanan dan cooler yang besar sekali ..... jadi kalo haus tinggal ambil, mau panas juga ada. Very nice. Dive master kami namanya Christian, dari Switzerland..... (di Swiss, dia biasa dive di danau bukan di laut).
Yang sangat berkesan adalah briefing nya..... he explained everything very detail ..... seperti kita akan ke arah mana, kemudian bagaimana arus nya, lalu apa yang akan kita lakukan, ikan2 apa saja yang kemungkinan akan kita jumpai (lengkap dengan gambar ikannya, yang berwarna dan di laminating). Kemudian jenis-jenis coral nya, vegetasi nya, bottom condition ..... pokoknya jelas banget dech. Jarang di Indo kami di-brief dengan sangat jelas seperti ini. Oh iya satu lagi .... mana binatang/ tumbuhan yang harmful juga dikasih tau ..... don't touch this or don't be near this ..... very clear. Sehingga kami merasa divingnya sangat sukses ...... Thank you Christian!

Tidak ada komentar: