Jumat, 23 Maret 2012

Northern Nias - a place for serenity






Berbeda dengan Nias Selatan yang lebih terkenal dikalangan wisatawan yang berkunjung ke Nias, Nias Utara lebih tenang. Tidak banyak pendatang atau wisatawan berkunjung ke area ini. Hotel dan rumah makan pun relative tidak ada. Masyarakatnya pun lebih tertutup karena jarang bercampur atau melihat wisatawan.
Namun demikian jika dilihat potensi wisata, Nias Utara juga memiliki beberapa pantai yang cukup menarik. Quite and serenity begitulah kira-kira yang bisa kita jumpai di pantai-pantai Nias Utara ini.
Masing-masing pantai menawarkan ciri khas yang berbeda-beda.
Apabila kita berjalan dari Gunung Sitoli menuju ujung Utara Pulau Nias (kecamatan Lahewa), maka di jalan setelah kita keluar dari Gunung Sitoli kita akan menemukan pantai Banuagea. Jalan lagi ke Utara, di daerah Lotu, kita bisa melihat pantai Walo dan pantai Pasir Berbunyi yang unik karena sepanjang garis pantainya banyak ditumbuhi pohon pinus.
Sesampai di Lahewa, kita akan menemukan 'Pink Beach' serta ada lagi yang namanya pantai Walo (menurut info, Walo dalam bahasa daerah artinya cekungan ...... pantes aja dimana-mana ada pantai Walo).
Ada lagi pantai yang begitu tenang, sehingga seperti kolam renang raksaksa yakni pantai Turigalogo.
Pantai-pantai tersebut menawarkan keunikan yang berbeda-beda. Namun satu hal yang sama yakni menawarkan ketenangan dan kealamian, karena tidak banyak orang yang berkunjung sementara masyarakat di sekitar pantai tersebut melihat pantai adalah hal yang "biasa-biasa" saja, karena sudah menjadi bagian hidup mereka.

Tidak ada komentar: