Senin, 04 Januari 2010

Liburan Berkesan Di Lombok

Liburan Desember ini kami sekeluarga pergi ke Lombok. Tanggal 26 Des 2009 sore hari pesawat Garuda yang kami tumpangi mendarat di Lombok. Kami dijemput pak Eko dan Pak Jayadi dari Lombok Travel Online. Setelah urusan pengaturan bagasi selesai, kami diantar langsung menuju Hotel Holiday Resort tempat kami bermalam selama 3 malam. Hotelnya lumayan bersih, namun sayang pantainya ngga begitu bagus & ramai. Makan malam dilakukan di Yossi Café.
Hari kedua, petualangan dimulai. Pagi-pagi kami dijemput oleh tour leadernya, langsung menuju bukit Malimbu dimana pemandangannya luar biasa indah. Dari bukit tersebut kita bisa melihat 3 pulau yang terkenal di Lombok, yakni 3 Gilis (Trawangan, Meno dan Air). Perjalanan dilanjutkan ke pelabuhan, disana kami charter boat untuk menuju Gili Trawangan. Sampai di Gili Trawangan, kita langsung menuju base camp nya yang berupa restoran di tepi pantai, menyiapkan alat-alat dan langsung byur masuk ke laut. Acara hari itu adalah snorkeling. Visibility di dalam air cukup bagus, namun arus di permukaan agak kuat. Setelah berusaha untuk melawan arus, akhirnya kami memutuskan lewat darat jalan dulu ke utara, baru snorkeling mengikuti arus. Kondisi coral sangat bagus dan indah. Anak-anak senang sekali snorkeling tersebut, sampai-sampai lupa waktu untuk makan siang. Sehabis makan siang (yang menjelang sore), kami kembali lagi snorkeling sampai sore. Kami sempat melihat penyu hijau, namun begitu di dekati dia melarikan diri.
Hari Ketiga, hari ini wisata menuju gunung. Kita melihat air terjun di kaki gunung Rinjani (yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi setelah Kerinci di Sumatra). Perjalanan lumayan berat, namun sesampai di air terjun capeknya hilang karena airnya sangat sejuk dan jernih. Siang kita kembali melanjutkan perjalanan karena hujan. Setelah melihat air terjun, kami diantarkan untuk melihat mutiara (konon Lombok terkenal akan mutiaranya). Pesan dari tour guide kami, sebaiknya membeli mutiara di tempat penjualan resmi, jangan di pedagang di pinggir pantai karena bukan yang asli (mutiara boongan).
Hari keempat kembali lagi ke Laut. Kali ini tujuannya adalah ke arah Selatan Gili Nanggu. Kami kembali lagi menuju pelabuhan kecil di Tawun, langsung naik kapal menuju Gili Nanggu. Disini berbeda keadaannya dengan Gili Trawangan karena tidak banyak orang. Kebanyakan adalah bule-bule dan tidak ada tempat-tempat duduk di tepi pantai. Kami sewa tikar untuk meletakkan alat-alat, dan langsung buka baju dan snorkeling lagi. Ikan disini luar biasa banyaknya dan berwarna-warni sangat indah. Ikannya tidak takut dengan manusia. Sehingga rasanya kita dikerubuti oleh ratusan ikan. Snorkeling lagi sampai sore, baru kembali ke pulau Lombok.
Hari kelima adalah tradisional tour, kami mengunjungi rumah adat sasak, tempat menenun serta membuat gerabah. Juga pantai Kuta serta Tanjung Aan dimana berhektar-hektar tanah disitu sudah dibeli (kontrak 90 tahun) oleh Emir dari Arab untuk dibangun hotel dan fasilitas lainnya yang mewah. Inilah mungkin kesempatan bagi kita-kita orang ’biasa-biasa saja’ untuk menikmati kawasan ini sebelum ditutup sebagai lokasi ’private’. Sayang sekali pemerintah mau melakukan itu.
Hari keenam kembali lagi ke Gili Trawangan, Meno dan Air. Kali ini adalah untuk diving. Cerita selengkapnya tentang diving ini aku letakkan pada posting terpisah.
Hari ketujuh masih tentang laut. Hari ini kita bermain Canoe di Senggigi Beach. Lumayan pegel-pegel juga mengayuh Canoe itu. Mula-mula anak-anak takut, tapi lama kelamaan mereka senang dan bahkan masing-masing mendayung 1 canoe ke tengah. Setelah siang, kita mandi dan sorenya siap-siap menuju airport untuk kembali ke Jakarta.

Terus terang kita puas banget sama tour nya, mungkin karena programnya sesuai dengan yang kita harapkan, pengalaman yang indah bagi anak-anak yang ngga mungkin kita dapatkan di Jakarta. Lombok Travel Online juga ok pelayanannya. Baik tour leadernya maupun makanan, yang jelas sangat berkesan. Tour kali ini kita bisa melihat sisi lain dari Lombok, yakni sisi yang indah dari pemandangan Pulau Lombok, baik yang dipermukaan maupun underwater world nya.