Selasa, 08 November 2011

Pantura; Sepanjang Jakarta-Cirebon











Daerah Pantura sangat akrab di telinga kita. Jalan di sepanjang pantai Utara Pulau Jawa ini sangat padat dengan truck-truck dan bus yang akan menuju ke Timur Jawa. Ya memang benar Pantura menghubungkan wilayah Barat dan Timur Pulau Jawa. Karena relatif jarak tempuh yang lebih pendek dibanding melewati jalur Selatan, ditambah lagi jalan yang datar, sehingga banyak sekali truck-truck atau bus yang melewati area ini.
Ada 1 saja gangguan di jalan, baik itu berupa perbaikan jalan atau truck/ bus mogok, akan menimbulkan kemacetan yang sangat panjang. Bahkan mencapai belasan kilometer. Suasana yang panas terik dan berdebu, sangat melelahkan dan membosankan. Di tengah kebosanan tersebut, dari balik jendela mobil yang ber AC, saya mencoba merekam potongan-potongan kehidupan yang terjadi di sepanjang Pantura ini.

Ada tukang becak yang mengantuk di pinggir jalan, sambil memarkir becaknya di bawah pohon yang teduh. Kebanyakan adalah truck yang dimuat hingga overload, jangan ditanya masalah "safety" disini. Polisi sangat jarang saya jumpai di jalan ini, kecuali di tempat kemacetan. Namun polisi yang melihat truck overload ini pun cenderung diam saja, mungkin sudah terlalu biasa atau keseringan dengan pemandangan seperti itu.

Tidak ada komentar: