Kamis, 19 Agustus 2010

From Mainlaind ...China











Liburan kenaikan kelas, Juni lalu kami berkesempatan pergi ke Southern China. Kebetulan sedang ada promo karena pemerintah GuangXi Autonomous District (?) sedang menggiatkan pariwisata disana.

Yang paling berkesan dari kami di China adalaha WC umumnya yang luar biasa baunya ....... padahal jika diperhatikan air untuk menyiram tersedia dalam jumlah yang cukup. Di restoran, hotel, toko atau di rest area di jalan tol ...... susah sekali menemukan WC yang bebas bau. Rasanya pake masker pun baunya masih tembus.

Kesan kedua dari China adalah bahasa ...... duh susah kali komunikasinya. Di hotel pun karyawan receptionist nya bahasa Inggris nya payah. Jadi agak susah juga jika kita perlu sesuatu atau mau minta tolong atau bertanya.

Pemandangan di China bagian Selatan ..... terutama bukit-bukit kapurnya cukup menarik .... di daerah perbatasan dengan Vietnam, daerah Mingshi ...... pemandangan bukit kapur dan sungai sangat luar biasa.

Walaupun memiliki jumlah penduduk hampir 1 Milyar, jika kita keluar kota sedikit tidak kelihatan terlalu crowded ..... mungkin karena memang areanya cukup luas. Sepeda motor yang menggunakan battery merupakan program yang sangat menarik diterapkan di perkotaan sehingga polusi dan kemacetan bisa ditekan. Mungkin Jakarta bisa mencontoh kali.

Kami sempat mampir di Guilin ..... dan kebetulan malamnya kami berkesempatan naik perahu di sungai yang tepian sungainya diberikan lampu-lampu ..... wah keren sekali .... mereka bisa menjual pariwisata naik perahu di waktu malam dan orang sangat antusias menikmatinya.

Masih di Guilin, kami memperhatikan pemerintahnya sangat memperhatikan keindahan tepian sungainya ...... di pinggir sungai dibuat 'pedestarian walk' sehingga orang bisa berjalan-jalan atau bahkan jogging .... dengan pemandangan yang indah dan sungai yang bersih .... wah luar biasa.

Tidak ada komentar: