Jumat, 20 Agustus 2010

Other side of Bali











Dalam perjalanan ke Bali kali ini, saya habiskan untuk diving.

Hari pertama, kami diving di Tulamben. Entry yang dari beach ternyata jauh lebih sulit dibandingkan entry yang biasa dari kapal. Kita harus menghindari ombak pecah, disamping itu sungguh sulit membawa tabung dan pemberat dan berjalan mundur. Namun segala kesulitan terobati ketika melihat corals yang indah di bawah sana. Tidak ketinggalan kami wreck dive melihat kapal USS Liberty yang tenggelam jaman World War 2 dulu. Sekarang kapal tersebut telah menjadi tempat tumbuh corals dan tempat tinggal bagi ikan-ikan. Malam hari, kami melakukan night dive, masih di lokasi yang sama dengan siangnya. Senang sekali melihat beberapa coral yang glowing in the dark ......

Hari kedua, kami menuju Nusa Penida. Sayangnya ikan Mola-Mola yang menjadi incaran kami tidak keliatan ..... padahal 2 kali kami turun di lokasi yang sama. Rombongan diver sebelum kami, mengatakan mereka lihat ikan tersebut, namun ketika kami turun tidak menjumpai sama sekali. Namun kami cukup dihibur dengan pemandangan corals yang menakjubkan serta ikan yang banyaaaak sekali jumlahnya.

Diving trip yang sangat berkesan ..... Bali yang indah bukan hanya di atas tanah, kesenian & budaya namun ternyata potensi underwater world nya luar biasa.

Yang jelas suatu saat saya harus kembali lagi ke Nusa Penida untuk berjumpa dengan Mola-Mola.

Tidak ada komentar: