Minggu, 15 November 2009

Anyer yang sepi




Hari Sabtu-Minggu lalu, kami sekeluarga berkesempatan jalan-jalan ke Anyer. Setelah kurang lebih 7 tahun-an sejak kunjungan kami yang sebelumnya. Dulu rasanya cukup sering kami ke Anyer .....
Jam 8 kami berangkat dari Cibubur, lewat tol BSD dan akhirnya masuk tol Merak. Agak unik barangkali di tol ini, jarang sekali dijumpai tempat peristirahatan. Hanya ada 2 tempat peristirahatan yang kami lewati sepanjang tol merak tersebut.
Pertama di sekitar Km 43. Kami sempat mampir, ternyata tempat peristirahatannya ngga seramai seperti di tol Cilkampek. Disini cuma ada 1 resto yang buka dan 1 minimarket. Ada sih food court nya tapi banyak yang kosong. Tempat peristirahatan berikutnya di Km 60 an malah lebih sepi lagi .... Baru dibangun kali ya.
Jalanan di tolnya sendiri lagi dibenerin. Digali 1 lajur sehingga kendaraan cuma bisa lewat 1 lajur sisanya. Tapi ngga apa2 juga sih, tampaknya kendaraannya ngga sebanyak cikampek so walaupun 1 lajur tetep aja ngga begitu macet.
Kami keluar pintu tol Cilegon Barat dan mulai jalan biasa. Jalanan menuju Anyer cukup sepi. Enak juga tuh buat pilihan tempat berlibur, karena ngga pake macet seperti puncak. Memasuki kawasan Wisata anyer sekitar jam setengah 12-an, kami mulai mencari-cari tempat makan. Ternyata sepi banget. Tempat makan banyak juga yang ngga jelas apakah buka atau tutup .... Atau orang di Anyer lebih suka makan di hotel ya?
Akhirnya kami masuk ke salah satu pantai wisata, yang keliatannya cukup ramai karena ada beberapa mobil parkir, namun setelah kami masuk dan harus bayar Rp 30 ribu ternyata ngga ada apa-apa. Pengunjung nya juga sepi. Banyakkan pedagangnya dibanding pengunjungnya. Kebetulan dipojok dari tempat wisata tersebut ada restoran. Kami yang sudah lapar akhirnya masuk ke resto tersebut. Sekali lagi kaget juga karena kami adalah satu2 nya pengunjung di resto tersebut.
Kami sempat bertanya apa emang sepi kayak gini. Karyawan resto tersebut sih mengatakan orang takut ke anyer krn isu tsunami.
So ngga tau bener atau ngga yang jelas sebelum kami keluar dari resto ada 1 keluarga lagi yang masuk ke dlm resto. Jadi resto yang lumayan besar tersebut selama kurang lebih 1 jam lebih hanya ada 2 kel.
Akhirnya kami lanjut ke Marbella. Berbeda dengan sepanjang jalan ke Anyer yang lumayan sepi (udech biasa menghadapi macet kali ya, jadi liat yang rada kosong gitu udech rasanya sepi banget). Di Marbella, lumayan rame. Banyak mobil parkir ... Ada juga bis besar. Kolam renang nya juga rame, begitu pula pantai di belakangnya.
Satu hal yang agak menjengkelkan adalah banyaknya pedagang di pantai, dan yang menjengkelkan adalah mereka sibuk mengikuti kami sambil menawarkan bermacam-macam dagangan & jasa. Nyebelin juga sih jadinya, aturan mau tenang menikmati pantai, ini dikerubuti tukang-tukang jualan. Jadi pusing. Mulai dari jual emping, nawarin pijit, tikar, tattoo, banana boat, jetski, pelampung dst...dst...dst ...
Tapi sebenernya sih main ombak di Anyer asik juga. Walaupun pantai nya pasirnya hitam gitu, tapi ombaknya lumayan asik. Setelah diikuti terus dengan orang yang nawarin pelampung akhirnya kita sewa juga 4 pelampung seharga 10 ribu satu (tapi besoknya dikasih Rp 15 ribu utk 2 pelampung). Asik banget main pelampung dan ombak. Meluncur bersama ombak .... Wah nikmat banget. Sempet juga sih kita tergulung-gulung ambak dan dihempas ke pantai. Duh serasa ikan hiu besar yang dihempas ke pantai. Kadang ombaknya lumayan besar, sehingga kita meluncur cukup jauh, dan akhirnya besot2 di kaki karena berusaha mengerem.
Setelah puas main seluncuran ombak, kami sempat bermain jet ski. Sewa jetski Rp 150 ribu selama 20 menit. Ih serem juga mengendalikan jet ski di air apalagi aku ngga pinter bawa motor. Tapi sih didampingi oleh mas nya jadi ngga jatuh.
Puas sabtu nya kami main seluncuran ombak, besoknya hari minggu juga kami teruskan bermain seluncuran ombak. Sampe muka dan badan hitam terbakar matahari. Tapi bener-bener puas.

Jam 10, matahari sudah mulai tinggi, kami akhiri permainan ombak dan laut. Kami mandi setelah itu jalan-jalan melihat-lihat kios2 cenderamata .... Baru check out. Sebelum meninggalkan kawasan wisata anyer, kami sempat makan di rumah makan taktakan ..... Soup ikan menjadi pilihan kami. Nggak nyesel dech .... Soup ikannya enak banget, dan sehat. Ada sayurannya juga.
Setelah kenyang baru langsung menuju Jakarta....

Tidak ada komentar: