Senin, 23 November 2009

Sepa Island nan Indah

Hari Sabtu-Minggu tgl 21-22 Nov kemarin. Aku dan suami pergi ke Sepa Island. Karena tujuan kami adalah ujian diving, maka anak2 ngga dibawa.
Jam 6.30 kami sudah berangkat dari rumah menuju Marina Ancol. Kapal yang membawa kami rencananya berangkat jam 8 pagi. Sampai di Marina, teman2 yang lain (ada 3 org lagi + instrukturnya Yonatan) sudah duluan makan. Mereka sarapan dulu.
Kami lumayan lama menunggu kapalnya isi BBM, sehingga agak terlambat berangkatnya.
Perjalanan menuju Sepa Island sekitar 1.5 jam. Lumayan jauh juga tampaknya. Sekitar jam 11 kami merapat di Pulau kecil yang cantik dengan pasir putihnya. Itulah Sepa Island.
Karena sudah agak siang, sempat ragu mau makan siang dulu atau 'turun' dulu. Tapi berhubung semangat tinggi, maka akhirnya diputuskan 'turun' dulu.
Segera kami beranjak menuju WC utk tukaran. Setelah memakai wet suit, kami pun siap2 mengecek semua peralatan. BCD di cek dan segera diikatkan ke tabung udara. Weight belt juga dipakai. Fin, mask & snorkle semua dikeluarkan dari tas.
Entry dilakukan dari dermaga dengan Giant Step. Duh aku deg-deg an soalnya takut kalo mask nya lepas. Di air laut pula. Akhirnya satu per satu kami pun terpaksa turun dengan giant step. Setelah semua kumpul di air, kami mulai mengempiskan BCD nya. Perlahan kami turun ke dlm air. Di kedalaman sekitar 6 meter. Kami disuruh berlutut dan secara bergilir kami melakukan ujian teknis. Mulai dari mask clearing, emergency normal ascent, hingga latihan memberikan alternate air ke buddy.
Setelah selesai semua. Kami digiring melihat-lihat karang di sekitarnya. Akhirnya sekitar 1 jam-an selesailah dive pertama hari itu.

Kami makan siang sambil ngobrol2. Setelah istirahat selama kurang lebih 2 jam. Kami mulai bersiap-siap untuk dive berikutnya. Dive kedua hari itu, kami harus memakai BCD di air. Kami harus turun hanya dengan fin, snorkle dan mask. BCD kami diapungkan di air. Dan kami harus memakainya sambil water trappen di air. Dengan susah payah krn aku ngga bisa menekan tabung utk dijepit di paha.
Akhirnya BCD terpasang juga. Duh rasanya nyaman dech kalo BCD nya dah nempel .... Krn kita akan ngambang.

Teknis di dive kedua ini agak serem. Karena mesti buka mask di air. Duh aku takut banget. Ternyata aku ngga sendirian takut. Seorang temanku malah tidak mau melakukan hal tersebut. Tapi akhirnya setelah disuruh berkali-kali dia buka juga, dan dia berhasil juga memasang kembali. Aku melihat itu udech deg2 an. Soalnya hidungku akan otomatis bernafas kalo mask dibuka. Tapi untung aku berhasil melakukan open mask tersebut dengan lancar, walaupun harus clearing berkali-kali krn masangnya ngga bener, maklum terburu-buru.
Teknis lainnya adalah open BCD di air serta buka weigh belt. Ini mah ngga terlalu sulit, walaupun keseimbangan agak terganggu juga nih pas dibuka weight belt atau BCD nya.
Akhirnya selesai juga teknisnya ... Kita diajak muter2 lagi liat karang.

Hari minggu pagi, angin bertiup kencang sekali. Ombak juga besar sekali. Keliatannya krn sudah memasuki bulan Des, dimana cuaca memang kurang bersahabat.
Pagi-pagi aku dan suami leyeh2 santai di kursi malas dipinggir pantai sambil menikmati pulau Sepa yang begitu indah. Memang benar Indonesia nih kaya banget. Banyak sekali tempat2 yang indah, sayang kalau sampai negara ini salah urus. Kita juga merasa Tuhan itu baik sekali mau memberikan alam yang begitu indah.
Tidak terasa waktu sudah jam 7.30 kita mulai sarapan. Jam 8 lewat kita naik ke boat. Rencananya diving kali ini di Pulau Papatheo utk melihat wreck (kapal tenggelam).

Setelah semua siap, kami memasukkan semua peralatan ke kapal. Kapal mulai jalan. Ombak masih sangat besar, ngeri juga nih turun. Akhirnya setelah sampai, kapal menancapkan jangkarnya. Satu per satu kami memasang perlengkapan kami dan antri turun. Entry kali ini dengan cara backroll. Wah berat banget harus menggendong semua beban tank dan weight belt. Sampe menggeserkan pantat ke tepi perahu aja berat banget. Setelah di pinggir, kita langsung melipat kaki kita dan byur langsung jatuh ke air.
Ombak yang cukup besar saat entry sempat membuat aku kewalahan untuk berenang ngumpul dengan teman2. Setelah kita kumpul, akhirnya kita deflate BCD nya dan perlahan mulai tenggelam.
Pertama kita dive di atas karang2 .... Kita terus turun hingga ke dalaman sekitar 20 meter. Eh tapi pas lagi enak2 nya, 1 org buddy hilang. Apa boleh buat dech kita semua mesti naik.
Jadi total dive nya cuma sekitar 20 menitan.
Setelah istirahat selama 1 jam di kapal, kami turun lagi. Kali ini di area Karang Besar Pulau Sepa.
Kami turun satu persatu masih dengan cara backroll. Dive yang ke-4 ini amat menyenangkan karena kami jalan-jalan melihat-lihat 'dunia bawah laut'. Ada karang yang besar sekali seperti jamur. Ternyata namanya karang meja. Ada Nemo ... Wah Nemo nya besar. Dia asik bermain dengan anemon nya. Ada juga ikan remora yang malah mengikuti salah seorang teman (dikira paus kali ya). Karang-karangnya juga indah. Sayang karena cuaca kurang bagus, visibility jadi rendah. Tapi kami tetap menikmati jalan-jalan di bawah laut tersebut.

Setelah itu, kami naik ke atas dan kembali ke kamar untuk mandi dan bersiap-siap pulang. Makan siang terlebih dahulu, setelah itu langsung ke kapal menuju Marina.

Benar-benar pengalaman yang sangat menyenangkan